Friday, November 26, 2010

Bandwidth Blackberry itu mahal dan pelit(Alasan saya tidak suka BB)

Blackberry... merk smartphone yang saat ini digilai semua orang dan sudah menjadi e-life style.. hari gini gak punya BeBe? Payah lw...Kuno lw... malah ada yang bilang gw GAPTEK gara-gara gak punya si Bebeh... Emang apa sih kehebatan si Bebeh ini? Kalo menurut sudut pandang saya yang dibilang GAPTEK karena gak punya si Bebeh.. gw gak ngerti kenapa orang-orang pada kepengen punya BB..kalo gw tinjau dari sudut teknologi BB biasa aja tuh.. gak lebih baik dari HP lain oh iya keunggulan BB adalah katanya dukungan aplikasi, Push Mail, dan BBM yang bisa tukeran PIN gitu loch biar gaol dan eksklusif...gw perhatikan akhir-akhir ini makin banyak aja muncul smart phone lain yang lebih advance OS Mobile menurut gw.. ada Windows Mobile yang sekarang udah masuk Versi 7.. nah kalo ini berasa punya komputer genggam.. pada tau lah kebanyakan orang kan PC/Laptop nya pasti pake Windows.. jadi bayangin aja Windows dalam genggaman.. lalu adalagi iPhone yang kaya fitur Multimedia dan menurut gw kalo mau gengsi..lebih tinggi gengsinya kalo pake iPhone coz harganya mahal dan terkesan ekslusif..masih bisa push mail juga kok si iPhone ini...lalu ada Google Android..nah kalo ini HP idola gw... ini HP bener dah mantap..cocok buat orang-orang yang suka ngoprek kayak gw... bisa pushmail juga dan terintegrasi langsung dengan fitur-fitur Google. Seperti Google Search, Gmaps, Gtalk(Eksklusif noh), Gmail... dlll tau lah kehebatan google kayaknya gimana..tak bisa diungkapkan dengan kata-kata(lebay) Pernahkah Google mengecewakan anda?.. kemudian si HP sejuta umat NOKIA juga ga mau kalah ikutan inovasi juga dengan kesetiaannya kepada Symbian dengan meluncurkan Symbian ^8 yang ga kalah keren..ini bisa pushmail juga dan kalo mau eksklusif ada Ovi Contact, malah Nokia 700ribuan sekarang udah bisa pushmail malah.

If you said, it’s BBM, gw juga nggak ngerti apa bedanya BBM sama YM. Bahkan BBM adalah YM yang berbayar, dengan PIN sebagai pengganti Yahoo! Account. Bahkan YM kini sudah terkoneksi dengan Windows Live Messenger alias Hotmail. Jadi apa BBM istimewa? Eksklusif? Nggak, sekarang udah ada Esia Messenger dan Nexian Messenger(Anang – Syahrini) dan Mixcon (huex…) Messenger, Flexi Messenger dan %putyourbrandhere% Messenger.

Battery life dari bebeh yang dulu katanya digadang gadang hebat ternyata juga nggak hebat hebat amat. Bahkan cenderung sama dengan device lain. DIpake intensif, harus 2x charge dalam sehari. Kalo cuma buat push mail, YM dan BBM sih semua device keluaran 2008 keatas juga bisa tahan sehari.

Bandwidth

Lalu ada yang makin gw bingung dari pengguna bebe. Connectivity. Pengguna bebe cuma dapet bandwidth setara (bahkan lebih kecil) daripada GPRS. Kok tahan ya?

Gw dapet kutipan ini dari detikcom

“Telkomsel mengklaim telah memiliki 460 ribu pelanggan dengan bandwidth 300 Mbps. Kemudian disusul XL yang punya 350 ribu pelanggan dengan bandwidth 400 Mbps, dan Indosat dengan 300 ribu pelanggan dan bandwidth 300 Mbps.”

Gw semakin hari semakin kasian sama pelanggan Blackberry. Seperti yang kamu lihat dari kutipan berita diatas, untuk Telkomsel, 460 ~ jadiin 450 dulu, biar gampang ngitungnya ~ 450 ribu pelanggan bebeh, cuma dikasih “jatah” 300Mbps? Dengan “b” kecil ya! Bukan B gede!

Amazing! Setelah gw itung secara sederhana, maka seorang pengguna bebeh Telkomsel hanya mendapat “jatah” sebesar 683bps saja! itu kalau semua pelanggan Blackberry mereka online, push dan nyambung terus! 683bps? oh gooood. Nggak kuat deh gw, miris buanged sih?

Lalu taro’ lah yang nyambung terus nggak megap megap itu ternyata cuma 1/4nya dari angka 45-~460ribu tadi. maka yang didapet per-usernya sekitar 2kbps. Atau… kalo dipake download ya sekitar… 0.3KB/s masih ancur kawan kawan!

wah kalo gw yang make gak kuat deh... secara pemakaian Internet gw kebanyakan buat browsing dan dan downloading... bisa ketinggalan deh gw...

Buat Komparasi Harga Paket layanan Blackberry dengan nyusul ya.. gw mau nyari data akurat berbagai macam paket BIS berbagai operator dan layanan Internet lainnya..

3 comments:

Anonymous said...

Il semble que vous soyez un expert dans ce domaine, vos remarques sont tres interessantes, merci.

- Daniel

Anonymous said...

Asek gan GSGL gw suka gaya louw

Anonymous said...

Wuiiddiihh, artikel nya "GBGLC" gaann, "Gw Bangeeett Gichuu Loohh....Ciiuuss"!!

Mantapp surantaapp gan, top markotoopp.

Bisa gw jual jg nihhh klo tau gini BB gww...

Ciuuss gaann!!